Kabid Cipta Karya Urai Penanganan Air Bersih di Kota Bima Tahun 2024 .

 

Kabid Cipta Karya Dinas Pupr KotaBima, Syahwan, ST, MT. METROMINI/Agus Mawardy

KOTA BIMA - Kabid Cipta Karya Dinas Pupr KotaBima, Syahwan, ST, MT menjelaskan soal penanganan dan penuntasan air bersih di Kota Bima. 

Semenjak diangkat jadi Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kota Bima oleh Mantan Pj Walikota Bima Ir. Mohammad Rum bulan Mei 2024 lalu. Ia menjelaskan bahwa penanganan air bersih di Tahun 2024. Telah dianggarkan melalui APBD lewat dana DAU sebesar Rp5 Miliar dan DAK bantuan Kementrian PUPR RI sebesar Rp7,5 Miliar.

Sementara ini, kata dia, pekerjaan yang sedang berjalan di tahun 2024 hanya anggaran DAK Rp7,5 miliar saja. Dari anggaran tersebut dikerjakan dalam 7 Paket proyek dengan rincian sebagai berikut:

1. Pekerjaan penambahan jaringan di seluruh lingkungan di Kelurahan Ule.

2. Pekerjaan jaringan pipa distribusi dan Sambungan Rumah di Kelurahan Jatiwangi.

3. Pembuatan Jaringan Baru dan Sambungan Rumah (SR) di Kelurahan Kendo. 

4. Pekerjaan Bor dan SR di Kelurahan Penanae. 

5. Pekerjaaan jaringan dan SR di Kelurahan Kodo. 

6. Tambah lagi Pekerjaan Bor dan SR di Kelurahan Nitu. 

7. Terakhir di Kelurahan Santi pekerjaan jaringan dan SR.

Sementara itu, untuk pekerjaan penanganan air bersih yang bersumber dari DAU sebesar Rp5 miliar masih dalam proses tender di LPSE Kota Bima.

Syahwan pun mengaku, Pemkot Bima berhasil mengusulkan dan menjemput anggaran DAK dari Kementrian PUPR RI sebesar Rp9,8 Miliar untuk Tahun Anggaran 2025.

Ia menjelaskan, dari anggaran tersebut rencana pekerjaannya untuk penuntasan masalah air bersih di Jatibaru Bara, Jatibaru Timur, Penatoi, Paruga, Ntobo, Dara, Serae dan Tanjung. Belum lagi anggaran DAU 2025. 

Ia menambahkan, saat ini sedang diupayakan anggaran tambahan untuk Peningkatan kapasitas debit air bersih di Dodu, Nungga dan Lelamase.

"Insya Allah di tahun depan. Masalah air bersih di Kota Bima bisa tertangani hampir 90%," tutup alumnus strata dua UGM di ruang kerjanya, pagi tadi. (RED)

Related

Pemerintahan 8347443570732239424

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item