Pemuda Soromandi Tolak Hasil Mutasi

Baharudin alias Ndolo, Ketua KNPI Kecamatan Soromandi. Foto: Amirulmukminin/METROMINI

KABUPATEN BIMA - Niatan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri untuk mengangkat camat yang berasal dari luar Kecamatan Soromandi ditolak mentah-mentah pemuda Soromandi. Bahkan rencananya, Senin (9/1/2017) akan ada aksi penolakan oleh aliansi Pemuda Soromandi.

Salah satu pemuda yang akan ikut bergabung dalam aksi tersebut, Baharuddin mengaku mereka sudah membangun komunikasi dengan seluruh unsur kepemudaan di seluruh desa yang berada di Kecamatan Soromandi tersebut. Alhasil, diperkirakan sekitar ratusan pemuda akan ikut dalam aksi tersebut.

"Gerakan ini sudah disepakati oleh seluruh unsur pemuda di Soromandi. Dan hasilnya, Senin (9/1/2017) besok kami akan turun," tegas Ketua KNPI Kecamatan Soromandi ini.

Konsentrasi massa akan berkumpul di Kantor Camat. Kemudian dilanjutkan dengan konvoi ke seluruh wilayah Kecamatan Soromandi untuk membagikan selebaran yang berisi penolakan atas SK Bupati Bima terkait pengangkatan Camat yang berasal dari luar Suku Donggo dan Soromandi.

"Rencana awal, kami akan menyegel kantor camat. Sebagai bentuk bahwa kami menolak orang luar (Selain Donggo dan Soromandi, Red) yang memimpin kami,. Setelah itu, lihat aja besok di lapangan," ujar pria yang lebih dikenal dengan sapaan Ndolo ini.

Dalam tuntutannya mereka meminta agar Bupati Bima meninjau kembali SK pengangkatan Camat Soromandi tersebut. Dengan memperhatikan unsur kedaerahan. Ndolo yakin, Soromandi masih memiliki potensi emas, yaitu putra daerah sendiri untuk menjadi camat. Sehingga tidak harus orang dari luar Kecamatan Soromandi.

Harusnya kata dia, bupati tidak hanya melihat dari segi aturan saja dalam pengangkatan pejabat. Namun juga memperhatikan budaya, karakteristik sosial masyarakat dan masukan dari para tokoh masyarakat.

"Kalau kita lihat secara normatif pengangkatan sudah benar. Namun, tidak boleh mengabaikan aspirasi, masukan, budaya dan karakteristik masyarakat," tuturnya.

Namun dalam aksi tersebut, Ndolo mengaku keamanan terjamin. Apalagi kata dia, aksi tersebut sudah diskusikan dan direstui oleh tokoh masyarakat. (RED)

Baca juga: 

Related

Kabar Rakyat 6104026245736160723

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item