Mau Tau, ini Kebiasan Unik Wisatawan Indonesia Saat Berada di Luar Negeri

Wisatawan berfoto di depan menara eiffel paris perancis. Foto: Tempo.co
JAKARTA - Wisatawan dari berbagai negara memiliki sifat dan karakteristik tersendiri karena umumnya mengikuti pola budaya dan karakter bangsanya masing-masing. Ada yang ramah dan kurang ramah, ada yang tepat waktu dan tidak tepat waktu karena sudah terbentuk dari kebiasaan budaya bangsanya sendiri. Begitupun yang terjadi pada turis asal Indonesia jika hendak melakukan liburan keluar negeri menurut beberapa agen perjalanan luar negeri.

Mengutip kata Founder Tourism Training Centre (TTC), Tedjo Iskandar dalam acara Chengdu-Jakarta Tourism Exchange yang berlangsung di Hotel Redtop, Jakarta, Rabu (28/12/2016). Seperti yang dilaporkan oleh Kompas Setidaknya ada kebiasaan umum wisatawan Indonesia jika hendak melakukan perjalanan ke luar negeri yang susah sekali dirubah. Kebiasaan umum yang unik ini setidaknya disimpulkan menjadi 4 ciri umum para wisatawan Indonesia.

Tidak Tepat Waktu

Kita sering mendengar istilah jam karet. Apa itu jam karet? Jam karet bukan permen karet yang setelah dikunyah berkali-kali kemudian rasa manisnya hilang dan kemudian seseorang asyik membuat balon dengan permen tersebut. Jam karet biasanya tujukan kepada orang yang tidak tepat waktu, dan hampir semua orang mendengar istilah ini karena begitu familiar di telinga kita khususnya orang Indonesia. Biasanya kita susah sekali untuk tepat waktu dengan kontrak janji dan waktu yang telah kita sepakati mungkin karena kebiasaan kali ya.

Tedjo Iskandar menilai “Untuk travel agent luar negeri yang ingin mengurus wisatawan Indonesia, orang Indonesia susah buat on time. Terbilang santai”
Bahkan ini juga dikatakan oleh Robin dari Sichuan Dinglong International Travel yang bertanggung jawab mengurusi wisatawan “ Saya setuju dengan pernyataan bahwa wisatawan Indonesia tidak tepat waktu. Mereka terlalu santai walaupun mereka memiliki jadwal yang padat sekalipun”

(Baca juga: Wow! Mirip Kisah Disney, Langit Borobudur Dihiasi Ribuan Lampion Saat Pergantian Tahun)

Hobi Berbelanja Barang Bermerek

Orang Indonesia terkenal doyan belanja barang-barang bermerek, suvenir jika berada di luar negeri maupun berada di luar kota di Indonesia entah untuk oleh-oleh dan keperluan pribadi dan kolega dan keluarga dan tidak ragu menawar dengan harga lebih rendah dari harga aslinya. Tedjo mengatakan “Alangkah lebih baik lagi jika barang belanja tersebut dapat ditawar sampai harga terendah”

Lebih Menginginkan Pemandu yang Sederhana

Dalam hal berwisata keluar negeri bukan rahasia lagi wisatawan Indonesia cenderung menyukai hal-hal yang sederhana. Tedjo mengatakan, “Wisatawan Indonesia cenderung lebih suka mendengarkan penjelasan pemandu yang sederhana tanpa perlu cerita yang berbelit-belit”

Hobi Foto Selfie

Bukan rahasia umum lagi kebiasaan orang-orang Indonesia yang hobi selfie entah berada dimanapun. Kebiasaan wisatawan Indonesia di luar negeri juga demikian. Tedjo mengatakan “Baik usia tua maupun muda wisatawan Indonesia doyan sekali foto selfie”.
(RED | THEJAKARTAPOST.COM)

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item