Kondisi Bronjong Jebol di Pinggir Sungai Lingkungan Kota Baru

Kondisi bronjong penguat bahu sungai yang tergerus jatuh ke bawah di bagian sisi utara sungai Lingkungan Kota Baru, Kelurahan Rabadompu Barat, Kota Bima, Minggu, 22 Januari 2017. FOTO: Agus Mawardy/METROMINI
KOTA BIMA – Terpaan banjir bandang yang melanda hampir di 80% wilayah Kota Bima, menyisahkan kondisi infrastruktur Daerah Aliran Sungai (DAS) mengalami kerusakan yang parah. Kondisi ini dapat dilihat pada kondisi bronjong di sungai pinggir Lingkungan Kota Baru, Kelurahan Rabadompu Barat, Kecamatan Raba, Kota Bima.

Baca juga:

Pantauan Reporter Metromini, kondisi bronjong di bagian utara sungai sudah roboh dan jatuh turun ke bawah. Tampak pula pengikisan tanah di bagian samping urata dan selatan sungai yang airnya menjurus ke arah barat itu.

Kondisi ini mengkhawatirkan warga akan adanya banjir susulan yang bisa mengakibatkan erosi tanah dan kerusakan yang lebih luas.

Saifullah (27), warga Lingkungan Kota Baru mengharapkan, kondisi bronjong baik di sebelah utara yang tergerus ke bawah dan bagian selatan sungai yang belum dibronjong ini segera dilakukan bronjongnisasi.

“Agar kondisi bahu sungai tidak mengalami erosi. Kami harapkan pemerintah segera memperbaiki kondisi bronjong di bagian utara. Dan melakukan bronjongnisasi penuh di bagian selatannya,” ucap dia, saat ditemui Reporter Metromini, di Lingkungan Kota Baru, Minggu, 22 Januari 2017 pagi tadi.

Sementara itu, di bagian timur yang dibatasi dengan jalan dan jembatan lokasi pembunuhan Buru warga Oi Foo beberapa waktu lalu, tampak alat berat sedang bekerja. Kondisi sungai di bagian itu sedang dilakukan perluasan. Informasi yang dihimpun, proyek tersebut merupakan kegiatan Kantor wilayah Daerah aliran sungai di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat.

Sementara itu, kondisi bronjong yang rusak ini, Reporter Metromini masih berusaha mengkonfirmasi dengan dinas terkait. (RED)

Related

Kabar Rakyat 1946822341503101336

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item