Jangan Lakukan 5 Hal Ini agar Tidak Telat ke Kantor

Ilustrasi telat bagun tidur. Foto: google.com
KOTA BIMA - Kesibukan kerja dan beraktivitas setiap malam sudah menjadi kebiasaan dalam masyarakat urban. Akibatnya, waktu tidur pun berkurang. Kualitas tidur yang buruk menjadikan Anda malas untuk bangun setiap pagi dan akibatnya ke kantor pun menjadi terlambat.

Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan Bila Lelah Bekerja

Seperti dikutip Metromini dari situs Powerofpositivity, Selasa (17/1/2017), setidaknya ada 5 hal yang harus dihindari sebelum tidur agar bisa bangun tepat waktu di pagi hari.

Berikut beberapa pemicu yang menyebabkan kualitas tidur berkurang pada malam harinya.

1. Menonton TV

Meletakkan televisi di dalam kamar menjadikan Anda bisa bersantai di tempat tidur. Namun, kebiasaan menonton televisi di kamar bisa menjadikan Anda sulit tidur. Menurut W. Christopher, seorang peneliti dalam hal tidur, cahaya terang dari layar TV dapat merusak otak sehingga dapat mempengaruhi hormon melatonin yang diperlukan untuk kualitas tidur.

2. Membuka media sosial

Dengan kehadiran ponsel pintar saat ini, tentu sangat mudah untuk membuka media sosial kapan pun dan di mana pun. Bahkan, ponsel sudah tidak bisa lepas dari genggaman. Anda dengan mudah untuk membuka email, facebook, instagram, atau browsing. Namun, akibatnya sama seperti saat menonton televisi, cahaya dari ponsel pintar pun dapat merangsang otak sehingga sulit tidur.

Baca juga: Berapa Jam yang Kita Butuhkan untuk Akses Internet dalam Sehari?

3. Makan makanan pedas, manis, dan berlemak

Mengonsumsi makanan pedas dapat memicu perut Anda merespon asam, sedangkan makanan berlemak dan manis membuat Anda akan terjaga lebih lama dari biasanya. Makanan yang merespon asam sangat tidak baik untuk lambung dan kerongkongan terasa tidak nyaman. Akibatnya, tidur pun terganggu.

4. Mengonsumsi kafein

Kafein sudah lama diketahui sebagai penyebab sulitnya tidur di malam hari. Setelah mengonsumsi makanan yang atau minuman yang mengandung kafein dapat membuat Anda terjaga selama 12 jam setelah mengonsumsinya.

5. Tidak memiliki ritual rutin sebelum tidur

Beberapa ritual sebelum tidur juga baik untuk otak. Hal ini dikarenakan otak Anda memerlukan stimulasi untuk membuatnya tertidur pulas. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan sebelum tidur seperti membaca buku, perawatan wajah, atau membuat catatan kegiatan kerja untuk esok harinya. (RED | POWEROFPOSITIVITY.COM)

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item