Ini 6 Klub Eropa dengan Utang Terbanyak

Pemain Manchester United (MU) dalam sebuah laga Liga Inggris. Foto: Sky Sports/GOOGLE
KOTA BIMA - Dunia sepak bola tidak bisa lepas dari uang. Pengeluaran setiap klub tentu tidak sedikit, seperti pembelian pemain dan gaji pemain. Dua hal tersebut sementara masih jadi penyebab utama klub-klub jadi bermasalah dengan neraca keuangan mereka.

Perlu diingat, sejak 2013 UEFA sendiri sudah memberlakukan aturan financial fair play, antara lain membahas tentang pelarangan klub memiliki pengeluaran melebihi pemasukan.

Salah satu klub klub Eropa dengan utang terbanyak adalah Manchester United (MU). Tentu ini sangat mengejutkan, klub elite asal Inggris ini terkenal sebagai klub kaya raya, namun kenyataannya MU justru memiliki utang yang luar besar 536 juta euro atau sekitar Rp 7,6 triliun!

Baca juga:

Selain MU, ternyata masih banyak klub raksasa lain di Eropa yang ternyata memiliki utang tak sedikit. Akibatnya, klub-klub ini hanya fokus membayar utang mereka dalam menjalankan roda operasional klub.

Berikut enam klub raksasa dengan utang terbanyak di Eropa seperti Metromini kutip dari Sokkaa, Jum'at (13/1/2017).

6. AC Milan - 249 juta euro

Pemasukan yang paling besar yang diperoleh klub ini adalah ketika mereka menjuarai Liga Champions pada musim 2006/07. Banyak yang mengira bahwa Milan akan kembali menuai sukses mereka. Justru, satu dekade kemudian yang terjadi sebaliknya.

I Rossoneri, julukan  AC Milan, terus berusaha mencari pemasukan baru untuk menutupi utang mereka. Bila dilihat, prestasi AC Milan mulai membaik belakangan ini, mereka berharap kembali jadi juara Eropa.

5. QPR - 279 juta euro

Queens Park Rangers (QPR) dikenal sangat royal memboyong pemain mahal saat masih berlaga di Liga Primer. Namun, saat ini QPR hanya bermain di kompetisi kelas dua Liga Inggris, Championship.

Utang mereka di musim sebelumnya saat masih Liga Primer melebihi klub-klub elite lainnya. Uniknya, saat itu QPR baru diakuisisi investor asal Malaysia, Tony Fernandez.

4. Valencia - 285 juta euro

Di liga Spanyol, ada nama Valencia yang memiliki utang klub sebesar 285 juta euro. Klub yang sedang terpuruk di posisi ke-17 klasemen Liga Spanyol ini menjadi klub dengan utang terbanyak di Spanyol.

3. Inter Milan - 306 juta euro

Dengan suksesnya Inter Milan saat menjuarai Liga Champions 2009/10, klub ini pernah masuk dalam kategori klub besar dan kaya.

Namun, kondisi saat ini sangat jauh berbeda. Inter dikabarkan memiliki utang mencapai 306 juta euro. Selain itu, masalah internal klub sering terjadi, seperti kerap bermasalah dengan pelatih dan bergonta-ganti pelatih dalam beberapa tahun belakangan.

2. Benfica - 336 juta euro

Klub elit asal Portugal ini belakang terus bermasalah dengan keuangan. Tercatat, Benfica memiliki utang mencapai 336 juta euro. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan menjual pemain bintang guna memangkas atau membayar utang.

Minggu ini, salah satu pemain mereka akan dijual ke Manchester United. Namun, hingga saat ini belum juga tercapai kesepakatan.

1. MU - 536 juta euro

Ini lah klub dengan utang terbanyak di Eropa. Manchester United (MU) sekilas memang terlihat sebagai klub kaya raya, namun kenyataannya sebaliknya.

Tahun lalu klub yang bermarkas di Stadion Old Trafford, sudah memiliki utang sekitar 350 juta euro. Dan tahun ini meningkat dengan jumlah yang fantastis, yaitu tak kurang dari 536 juta euro.

Penyebab utama bertambahnya klub elit ini adalah pembelian pemain baru. Musim panas lalu, Paul Pogba dan Henrikh Mkhitaryan didatangkan dengan biaya yang tidak sedikit, nilainya mencapi 130 juta euro! (RED | SOKKAA.COM)

Related

Olahraga 4597437731550110213

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item