Bantuan BNPB Rp500 Ribu ‘tuk Korban Banjir Dicairkan

Salah satu warga di Lingkungan Lewijambu yang telah menerima bantuan dari BNPB pusat. Foto: Amirulmukminin/METROMINI
KOTA BIMA - Dana bantuan asal Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat untuk korban banjir yang per Kepala Keluarga menerima uang tunai sebesar Rp500 ribu telah dicairkan melalui rekening Rukun Warga (RW) se-tempat.

Beberapa Kelurahan yang menjadi sasaran hantaman banjir bandang tanggal 21 dan 23 Desember 2016 lalu, tampak dihiasi dengan hiruk pikuk warga dan senyuman mungil para penerima dana yang didatangi oleh Ketua RT dan RW-nya masing-masing.

Seperti yang terlihat di Lingkungan Lewi Jambu, Kelurahan Melayu, Kota Bima, pembagian dana tersebut disambut tersebut berjalan tertib.

Pantauan Reporter Metromini di sana, para warga berbondong-bondong menyambut kedatangan Ketua RW bersama dengan Ketua RT. Dalam penentuan penerima bantuan, sejak awal Ketua RT dan RW sudah mendata secara langsung kondisi rumah dan keadaan korban bencana. Hasilnya, data tersebut yang kemudian digunakan untuk menjadi dasar memberikan bantuan ini secara tunai kepada masyarakat.

Seperti diketahui sebelumnya, dana bantuan tersebut bersumber dari dana BNPB pusat. Adapun jumlah dana secara keseluruhan yang diperbantukan kepada masyarakat Kota Bima sebesar Rp10 miliar. Ada sekitar 20.000 KK yang masing-masingya dijatahi Rp500 ribu/rumah yang rusak akibat bencana banjir iakhir tahun 2016 lalu itu.

Baca juga: Aji Mumpung di Balik Banjir Bandang Kota Bima

Seorang penerima bantuan, Ante (30) mengaku merasa bahagia dengan adanya bantuan tersebut. Setidaknya, kata Ante, pemerintah telah meringankan beban warga yang harus memulai lagi dari nol kehidupannya.

"Saat seperti ini, kami kesulitan untuk mencari nafkah. Mengingat kondisi seperti ini belum memungkinkan kami untuk mencari nafkah. Kami sampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah, " ucap dia dengan rendahnya

Ante mengaku, dana bantuan tersebut akan dipergunakan untuk membantu kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya itu, dana bantuan tersebut juga akan dipergunakan untuk memperbaiki rumah akibat banjir bandang.

“Walau tak bisa memperbaiki semuanya, tapi kami sangat bersyukur pemerintah sudah sangat peduli terhadap kami dibalik bencana ini,” ujar Ante, di depan rumahnya, di Lingkungan Lewi Jambu, Kelurahan Melayu, Kota Bima, Kamis (5/1/2017). (RED)

Related

Kabar Rakyat 3107815916934773744

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item