Apakah Agama Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam Sebelum Menjadi Rasul?

Kaligrafi Muhammad Rasulullah. Foto: fiqhehanafi.com
OPINI - Islam adalah adalah agama Rahmatan lil 'Alamin. Agama yang dianut oleh mayoritas penduduk di Indonesia ini, diajarkan melalui lisan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mungkin banyak dari umat Islam bertanya tentang masalah ini: apakah agama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebelum diutus menjadi nabi dan rasul?

Baca juga: Di Balik Kontroversialnya Ajaran Syekh Siti Jenar

Pertanyaan ini sebenarnya harus dijawab, untuk menghindari su’udzan (prasangka buruk) masyarakat kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Menurut Ustadz Ammi Nur Baits, Dewan Pembina konsultasisyariah.com, sebenarnya pertanyaan semacam ini tidak ada hubungannya dengan amal kita dan praktek perbuatan kita.

"Iman kita tidak menjadi semakin bertambah setelah kita tahu, dan tidak pula sebaliknya, iman kita menjadi turun ketika kita tidak tahu," ujarnya, Selasa (8/12/2016).

Para ulama sudah banyak yang membahas masalah agama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, mereka berbeda pendapat dalam hal ini.

"Ada ulama yang berpendapat bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengikuti millah ibrahim (Hanifiyah) dan sebagian ulama lagi menganggap bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak beribadah dan tidak mengikuti ajaran apapun", lanjut ustadz Baits.

Pertama, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengikuti millah (ajaran) ibrahim (Hanifiyah)

Al-Alusi menegaskan pendapat yang benar mengenai kondisi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebelum jadi diutus oleh Allah, beliau mengikuti ajaran Ibrahim ‘alaihis salam.

Al-Alusi membawakan keterangan Ibnu Aqil, Abul Wafa, Ali bin Aqil menegaskan bahwa sebelum diutus, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menganut syariat Ibrahim yang shahih dari beliau. (Tafsir al-Alusi, 23/160).

Kedua, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak beribadah dan tidak mengikuti ajaran apapun

Ini merupakan pendapat al-Qadhi Iyadh. Beliau mengatakan, sebelum mendapat wahyu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak beribadah dengan mengikuti syariat umat sebelumnya, menurut pendapat yang kuat. (Fathul Bari, 7/144)

Dan insyaaAllah, pendapat yang benar, ketika itu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah beribadah. Salah satu buktinya, beliau pernah melakukan tahannuts [التحنث] di gua-gua. Aisyah radhiyallahu ‘anha pernah menceritakan peristiwa yang dialami Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelang datangnya wahyu. Salah satunya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyendiri di gua Hira melakukan Tahannuts. (HR. Bukhari no. 3)

Mengenai makna tahannuts, dijelaskan oleh al-Hafidz Ibnu Hajar, maknanya ada 2:

Pertama, tahannuts [التحنّث] artinya tahannuf [التحنّـف], yang artinya mengikuti ajaran hanifiyah. Itulah ajaran dan millah Ibrahim.

Kedua, tahannuts artinya menjauhi dosa. Dari kata al-Hints [الحنث] yang artinya dosa. Dan kata ‘tahannuts’ [التحنّث] memiliki arti ‘Yatajannabu al-Hints’ [يتجنب الحنث], yang artinya menjauhi dosa. (Fathul Bari, 1/23). (RED | KONSULTASISYARIAH.COM)

Related

Opini 8775094577719260833

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item